pengaruh kopi terhadap kesuburan

Pengaruh Kopi Terhadap Kesuburan Wanita

Pengaruh Kopi Terhadap Kesuburan Wanita – Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai oleh banyak kalangan baik para wanita maupun pria. Seperti yang kita tau bahwa kopi sudah menjadi sajian minuman favorit pada pagi atau malam hari.

Karena  banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi kopi. Selain dapat membuat kita bisa terjaga alias tidak mengantuk, kopi juga menjadi minuman yang efektif dalam menghilangkan stress.

Namun, taukah Anda, bahwa sering mengonsumsi kopi secara berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan loh.

pengaruh kopi terhadap kesuburan

Bagi Anda, wanita yang sedang mengusahakan kehamilan, tentu mulai sekarang harus bisa memperhatikan kebiasaan dalam menjaga pola hidup yang sehat.

Salah satu kebiasaan yang mungkin akan sulit dilepas adalah mengonsumsi kopi. Karena kopi sendiri sudah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Namun tahukah Anda bahwa kopi ternyata dapat berpengaruh terhadap kesuburan wanita? untuk itu simak ulasannya di bawah ini.

Kesuburan wanita atau fertility women adalah kemampuan biologis yang secara alami terjadi pada seorang wanita untuk menghasilkan keturunan. Masa subur pada wanita ini terjadi pada setiap bulan ketika sel telur telah dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma.

Maka pada masa ini wanita akan berpotensi untuk mendapatkan kehamilan. Namun, apabila tidak terjadi pembuahan sel telur akan mati dan menstruasi pun terjadi.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan pada wanita, seperti gangguan ovulasi, perubahan berat badan yang terjadi secara drastis, berbagai aktivitas dan olahraga yang berlebihan, stress, masalah rahim, dan usia.

Namun ternyata, tidak hanya beberapa faktor tersebut  saja yang berpengaruh. Karena, kafein yang terkandung di dalam kopi pun juga memiliki pengaruh yang negatif terhadap kesuburan seorang wanita.

pengaruh kopi terhadap kesuburan

Dilansir dari laman liputan6.com, bahwa mengonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan kehamilan.

Hal ini juga diperkuat oleh Para Ahli yang menyatakan bahwa kafein dapat mengurangi aktivitas otot-otot tuba falopi yang membawa sel telur dari ovarium.

Beberapa penelitian secara teoritis menyatakan bahwa kafein dapat memengaruhi kesuburan wanita serta akan memberikan efek pada ovulasi dan hormon atau bagaimana otot-otot yang ada di saluran tuba falopi bekerja.

Sehingga perlu diketahui pula dampak buruk yang diberikan kopi bagi para peminatnya, terutama pada para wanita yang sudah sangat menggilai kenikmatan dari minuman ini.

Karena, kopi memiliki senyawa (kafein) yang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bersumber dari wikipedia, kafeina atau lebih populernya kafein merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.

Istilah kafein sering digunakan untuk merujuk senyawa kimia pada kopi. Akan tetapi, kansungan kafein pada kopi sangan bervariasi tergantung dari jenis biji kopi dan pembuatan yang digunakan.

Para peneliti menunjukkan bahwa kafein memiliki efek yang signifikan terhadap tingkat kesuburan wanita. sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan wanita untuk mendapatkan kehamilannya. Bahkan, sebuah studi menunjukkan adanya peningkatan resiko keguguran dengan asupan kafein.

pengaruh kopi terhadap kesuburan

Berikut kami paparkan dampak kafein yang terkandung di dalam kopi terhadap tingkat kesuburan pada wanita.

Pengaruh Kopi Terhadap Kesuburan Wanita

Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, maka mulailah untuk mengurangi keseringan dalam mengonsumsi kopi. Karena, sudah banyak penelitian yang mengemukakan pengaruh dalam mengonsumsi kopi secara berlebihan terhadap peluang kehamilan Anda. Bisa jadi, faktor yang menyebabkan

Anda belum mendapatkan kehamilan sampai saat ini adalah kebiasaan Anda dalam mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Dilansir dari laman web hellosehat.com, sebuah penelitian oleh tim pakar kesehatan reproduksi asal Amerika Serikat mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi kopi tidak lebih dari satu cangkir sehari memiliki peluang kehamilan hingga dua kali lebih besar dari wanita yang minum kopi lebih dari satu cangkir dalam satu hari.

Di sisi lain, berdasarkan penelitin yang dilakukan oleh Professor Sean Ward, dari University of Nevada di Reno, Amerika Serikat menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein secara berlebihan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil daripada wanita yang tidak mengonsumsi kafein.

Pengaruh kopi terhadap kesuburan wanita sangatlah beragam. Selain mengakibatkan kualitas sel telur menjadi menurun, kopi juga bisa membuat jumlah sel telur menjadi turun pula.

Bahkan, kafein yang terkandung di dalam kopi juga bisa membuat pergerakan otot-otot halus yang mengantarkan sel telur pada sel sperma menjadi terganggu. Sehingga, hal ini mengakibatkan waktu untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih lama.

pengaruh kopi terhadap kesuburan

Pengaruh Kafein Dalam Kopi Terhadap Kehamilan

Secara umum, kopi ternyata memiliki dampak yang negatif terhadap kehamilan yang sedang dijalani. Jika Anda sedang dalam program hamil atau sedang menjalani kehamilan, sebaiknya mulai membatasi untuk mengonsumsi kopi atau bahkan menghindarinya untuk sementara. Hali ini dilakukan juga demi janin yang ada di dalam kandungan.

Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat membuat hormon epinefrin meningkat. Hal ini akan mengurangi aliran darah ke rahim yang berakibat berkurangnya aliran oksigen dan janin pula. Sehingga, dapat mengakibatkan ibu dan janin yang dikandungnya menjadi stress.

Kafein yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan, akan melintasi plasenta dan memasuki aliran darah pada janin. Hal ini terjadi karena hati pada janin belum mampu memproses kafein lebih cepat daripada ibunya. Sehingga kafein akan mengendap di dalam sistem peredaran darah janin dalam waktu yang lebih lama.

Di samping itu, mengonsumsi kafein secara berlebihan pada ibu hamil dapat menyebabkan sistem tubuh menjadi kacau, sehingga ibu hamil akan merasa cemas dan panik ketika dalam kondisi semacam ini. Bahkan, kafein juga beresiko menyebabkan kelainan fisik pada janin.

Hal ini terjadi karena kafein akan diserap dari tubuh ibu hamil oleh bagian plasenta. Sehingga, janin yang ada di dalam rahim ibu hamil sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk memecah zat kimia seperti kafein.

Penelitian lain berpendapat, jika Anda mengonsumsi kafein dengan takaran lebih dari 300 mg atau sekitar 16 oz (480 ml) di setiap sajiannya, dapat meningkatkan resiko keguguran pada ibu hamil.

Beberapa wanita juga mempertanyakan bolehkah promil minum kopi? Meskipun kopi berpengaruh terhadap tingkat kesuburan dan kehamilan yang akan didapatkan, bukan berarti Anda tidak boleh meminumnya sama sekali. Mengonsumsi kopi sah-sah saja tergantung dengan seberapa sering Anda meminumnya.

Namun, untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, mulailah mencoba untuk mengurangi keseringan dalam mengonsumsi kopi. Para Ahli Kandungan memberi anjuran untuk mengonsumsi kopi tidak lebih dari 200 miligram sehari. Selain itu, perhatikan pula informasi gizi yang tertera pada kemasan minuman kopi berkafein sebelum Anda mengonsumsinya.

Itulah ulasan seputar pengaruh kopi terhadap kesuburan wanita yang perlu diperhatikan, khususnya bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan maupun sedang dalam menjalani kehamilannya.

Meskipun begitu, masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Maka, apabila Anda memiliki masalah kesuburan yang belum bisa diatasi, Anda dapat berkonsultasi bersama kami melalui tombol button di bawah ini :


pengaruh kopi terhadap kesuburan

0.0
0 total
5
4
3
2
1
%d bloggers like this: