nutrisi untuk ibu hamil agar tetap sehat

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat – Pada masa kehamilan, pemenuhan nutrisi sangatlah penting demi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan asupan makanan yang memiliki gizi yang seimbang dan bisa meminimalisir resiko yang bisa mengancam kesehatan baik bagi janin maupun ibu yang mengandungnya.

Apabila nutrisi untuk ibu hamil tidak tercukupi, hal ini bisa membuat janin yang dikandungnya menjadi tidak sehat, bahkan juga bisa berakibat terkena komplikasi.

Sehingga, pemenuhan nutrisi ini sangat penting untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, pemenuhan nutrisi ini juga ditujukan untuk mengurangi resiko penyakit kronis yang bisa menyerang pada anak dimasa mendatang.

nutrisi untuk ibu hamil

Asupan nutrisi ini banyak didapatkan dari makanan. Maka, jika Anda ingin mencukupi kebutuhan nutrisi, langkah baiknya untuk mengatur pola makan dan menentukan menu makanan yang akan dikonsumsi.

Tak sedikit bagi beberapa ibu yang merasa kesulitan dalam mengatur menu makan ini, karena pada masa kehamilan, ibu sering kali mengalami masa “ngidam”. Meskipun begitu, nutrisi haruslah tetap diutamakan. Supaya kondisi tubuh ibu hamil tetap sehat dan terjaga.

Namun, beberapa ibu masih ada yang belum paham dengan apa yang dimaksud dengan nutrisi. Sebenarnya nutrisi itu apa sih? Menurut wikipedia, nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, serta pemeliharaan kesehatan.

Sedangkan, menurut para ahli Medis, nutrisi adalah zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan, sehingga organ bisa berjalan secara normal.

Nutrisi memiliki peran yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan ibu hamil. Selain itu, nutrisi juga bermanfat dalam pembentukan energi bagi ibu hamil.

Lalu untuk jenis makanan apa kita bisa mendapatkan nutrisi? Untuk itu kami paparkan beberapa nutrisi yang terkandung dalam makanan untuk dijadikan referensi menu sehari-hari Anda selama kehamilan, diantaranya :

nutrisi untuk ibu hamil

  1. Asam Folat

Sam folat merupakan salah satu bentuk dari vitamin B yang memiliki sifat larut di dalam air. Kandungan nutrisi yang dikenal sebagai asam folat ini memiliki peran penting dalam mengurangi resiko cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf pada janin yang memengaruhi bentuk serta sumsum tulang belakang janin.

Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat ini akan menghindarkan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dari berbagai penyakit. Jenis makanan yang mengandung asam folat bisa didapatkan dari berbagai jenis, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan daging.

Untuk jenis sayuran yang mengandung asam folat bisa didapatkan dari bayam, kubis, brokoli, dan seledri. Sedangkan untuk buah bisa didapatkan dari pisang, jeruk, persik, strawbery, melon, dan alpukat. Untuk jenis kacang-kacangan bisa diperoleh dari kacang tanah, kacang almond, dan kacang kenari kacang kenari. Dan untuk daging bisa didapatkan dari ikan salmon, hati ayam, dan kuning telur.

  1. Air Putih

Meskipun air putih memiliki peran yang sangat penting, namun beberapa ibu hamil ada yang masih meremehkan khasiatnya dari air putih ini.

Padahal, air putih merupakan salah satu butrisi ibu hamil yang sangat direkomendasikan oleh Para Ahli untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Manfaat yang bisa diperoleh dari air putih sangat beragam. Selain untuk mencegah dehidrasi, air putih juga bisa mencegah kelahiran prematur serta membuang bakteri pada ginjal.

Maka, konsumsilah air putih secara rutin agar kesehatan baik pada ibu hamil maupun pada janin yang dikandungnya tetap terjaga dengan baik dan sehat.

  1. Protein

Protein sangat berguna untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan sel dan jaringan, termasuk sel otak pada janin. Selain itu, protein dapat menunjang pembentukan darah, tulang, organ, otot, dan sel-sel jaringan.

Di sisi lain, protein juga kaya akan manfaat bagi ibu hamil dan janinnya. Karena ternyata, protein juga memberikan sokongan pada ibu hamil dalam mendapatkan kalori agar bisa beraktivitas dengan normal dan lancar. Bahkan, asupan protein yang baik menandakan bahwa tulang ibu hamil akan tetap kuat dan sehat selama kehamilan hingga saat nanti melahirkan.

Makanan yang menjadi sumber protein terbesar untuk ibu hamil bisa didapatkan dari telur, kacang kedelai, keju, ikan teri, kacang almond, dan juga gandum. Selama masa kehamilan, jagalah asupan protein agar tubuh tetap dapat merasakan manfaat yang baik dari zat ini.

nutrisi untuk ibu hamil

  1. Lemak Esensial

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi ikan baik untuk kesehatan, terutama saat memiliki kehamilan. begitu juga dengan asam lemak essensial, seperti DHA dan AA yang terkandung, sangat penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Jenis ikan berlemak seperti tuna dan salmon, menjadi sumber DHA terbaik

  1. Zat Besi

Nutrisi yang paling penting untuk ibu hamil juga bisa didapatkan dari zat besi. Karena zat besi merupakan salah satu mineral yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah (eritrosit) yang dibuat di sumsum tulang belakang.

Maka, untuk ibu hamil memerlukan eritrosit yang lebih banyak agar oksigen dapat diantarkan ke seluruh tubuh termasuk janin yang dikandungnya. Karena, seluruh organ di dalam tubuh memerlukan oksigen untuk membantu menjalankan aktivitasnya. Baik itu jantung, paru-paru, otak, dan organ vital lainnya.

Selain manfaat tersebut, zat besi juga bisa berguna untuk mengedarkan sari pati makanan di dalam tubuh, membantu meningkatkan hormone, membantu dalam pembentukan plasenta, serta membantu membentuk energi dan mengurangi resiko anemia.

Zat besi ini bisa diperoleh dari berbagai makanan, seperti sayuran, kacang-kacangan, daging dan hewani, dan juga susu. Asupan zat besi harus dipenuhi terutama untuk ibu yang sedang mengandung.

Karena, apabila sampai kekurangan zat besi dapat memmperburuk kondisi sang ibu dan juga janin yang dikandungnya.

nutrisi untuk ibu hamil

  1. Kalsium

Khusus untuk ibu hamil, sebaiknya mendapatkan asupan kalsium yang cukup disetiap harinya. Karena kalsium sendiri memiliki segudang manfaat untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang dan otot yang kuat. Selain itu, kalsium juga berperan dalam menjaga detak jantung selalu stabil dan membuat saraf berfungsi dengan sempurna.

Dilansir dari nutriclub.co.id, menuliskan data berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia 2013 yang merekomendasikan ibu hamil dan ibu menyusui untuk mengonsumsi 1300 mg kalsium per hari. Mengonsumsi empat porsi saji dari produk olahan susu dan makanan yang kaya akan kalsium akan membantu ibu untuk mendapatkan 1300 mg kalsium per hari.

Khusus untuk ibu hamil, beberapa makanan ini mengandung kalsium yang tinggi dan aman untuk dikonsumsi demi memenuhi asupan nutrisi yang seimbang, diantaranya adalah susu, produk susu olahan, wijen, susu kedelai yang sudah difortifikasi, dan tahu.

Dalam menjalani kehamilan, nutrisi untuk ibu hamil sangat diperlukan untuk menjaga pertumbuhan serta perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat menjaga kesehatan ibu agar sehat sampai melahirkan.

Dengan asupan nutrisi yang seimbang, berbagai resiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, bahkan berbagai penyakit kronik dimasa yang akan datang dapat diminimalisir. Untuk itu, pilihlah menu makanan yang bervariasi saat menjalani kehamilan.

nutrisi untuk ibu hamil

0.0
0 total
5
4
3
2
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating

%d bloggers like this: