menstruasi tidak lancar

Menstruasi Tidak Lancar Apakah Berbahaya?

Menstruasi Tidak Lancar Apakah Berbahaya? – Siklus menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap wanita, sehingga beberapa dari mereka cenderung tidak terlalu mempermasalahkan tentang hal ini.

Meskipun begitu, setiap wanita juga memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki siklus menstruasi normal dan ada yang memiliki siklus menstruasi tidak normal.

Penting diketahui bahwa untuk Anda wanita yang memiliki siklus menstruasi abnormal harus mulai waspada lho, karena ternyata ada beberapa bahaya yang diakibatkan oleh siklus menstruasi tidak teratur.

Pada umumnya, setiap wanita yang memiliki siklus haid normal memiliki rentang antara 23-25 hari, namun rata-rata siklus ini juga bisa mencapai 28 hari.

Sehingga apabila siklus haid Anda berada pada rentang hari kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan bahwa Anda memiliki siklus menstruasi tidak lancar.

Apabila siklus haid Anda menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali, kondisi inilah yang disebut dengan menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur.

Apa Saja sih, Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan siklus menstruasi Anda menjadi tidak lancar atau tidak teratur. Seperti ketika menjelang menopause, terjadinya kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral) atau Pil KB.

Selain itu, menstruasi tidak lancar juga bisa diakibatkan karena pola hidup sehari-hari yang tidak sehat. Seperti terlalu banyak pikiran, stress, berat badan yang berlebih atau obesitas, dsb.

Bahkan, penyakit sejenis Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) pun bisa menjadi salah satu faktor penyebab menstruasi tidak lancar. Hal ini dikarenakan keberadaan kista yang membuat hormon menjadi tidak seimbang.

Lalu, Apa Bahaya dari Menstruasi Tidak Lancar yang tidak segera diatasi?

Penting untuk Anda ketahui bahwa siklus haid tidak teratur yang dibiarkan secara terus menerus dan tidak segera diatasi ternyata juga bisa berpotensi menimbulkan beberapa bahaya lho, simak ulasan di bawah ini yukkk :

  1. Masalah Kesuburan

Siklus haid yang tidak teratur dapat mengakibatkan hormone menjadi tidak seimbang. Sehingga, hal ini memberikan dampak yang buruk terhadap kesuburan seorang wanita. Karena, periode masa subur sangat sulit untuk diketahui secara pasti.

Selain itu, masalah ini juga dapat menyebabkan masalah ovulasi menjadi terganggu. Untuk itu, mulailah memeriksakan diri ke Dokter apabila Anda memiliki masalah kesuburan.

Hal ini dilakukan supaya Anda mendapatkan penanganan sejak awal. Sehingga, proses dan periode ovulasi menjadi lebih baik.

  1. Polip Rahim

Polip merupakan tumbuhnya jaringan dari lapisan organ tertentu ke dalam rongga tubuh. Meskipun hal ini merupakan tumor jinak, namun Anda tetap harus mewaspadainya. Karena polip juga bisa menjadi tumor yang ganas.

Apabila siklus haid Anda tidak teratur, maka Anda akan sulit menentukan kapan masa ovulasi terjadi. Sehingga akan sulit membedakan penyakit ini dengan ketidaksuburan. Maka, segera konsultasikan ke Dokter supaya mendapatkan penanganan sejak awal.

  1. Kista Ovarium

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga berpotensi mengakibatkan timbulnya tumor jinak yang berisi cairan kental yang kerap ditemui pada organ reproduksi wanita.

Seringkali para wanita tidak menyadari adanya kista tumbuh pada tubuhnya. Kista ini akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa jika ukurannya sudah membersar. Jalan satu-satunya untuk menghilangkan kista adalah dengan cara operasi.

  1. Sindrom Ovarium Polilistik

Haid yang tidak teratur juga berpotensi menyebabkan penyakit sindrom ovarium polilistik. Dimana terdapat gejala jumlah darah yang sedikit, wajah berminyak dan sering berjerawat.

Bahkan, sindrom ini dapat meningkatkan resiko kanker endometrium, apabila karak haid lebih dari 60 hari dalam jangka waktu yang berkepanjangan.

Untuk solusi penyembuhannya dapat dilakukan denggan melakukan operasi dan pengobatan jangka panjang.

  1. Kanker Rahim

Kanker rahim biasanya diawali dengan siklus menstruasi yang tidak lancar. Bisa terlalu cepat atau terlalu lambat, dan dialami dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu, lakukan pap smear minimal satu kali dalam setahun untuk mencegah penyakit ini.

Masalah haid tidak lancar memang menjadi sesuatu yang wajar yang terjadi pada setiap wanita. Meskipun begitu, hal ini juga harus tetap diwaspadai agar beberapa bahaya dapat dicegah sejak awal.

Maka, tak ada salahnya jika Anda ingin berkonsultasi ke Dokter mengenai permasalahan haid tidak lancar. Karena, pemeriksaan rutin ini sangat penting dilakukan untukĀ  menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

mengatasi kandungan lemah

0.0
0 total
5
4
3
2
1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating

%d bloggers like this: