bahaya junk food bagi ibu hamil

Bahaya Junk Food bagi Ibu Hamil, Anda Wajib Tau

Bahaya Junk Food Bagi Ibu Hamil – Saat menjalani kehamilan, pastinya sang Ibu diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi bukan?.

Namun bagaimana dengan bumil yang gemar mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

bahaya junk food bagi ibu hamil

Junk food merupakan jenis makanan yang sudah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat luas. Tentunya, makanan ini sudah menjadi makanan favorit yang sering dikonsumsi oleh banyak kalangan.

Bagaimana tidak?

Karena junk food memang menjadi makanan yang selalu menggoda bahkan sangat mudah didapatkan. Maka tak heran apabila banyak yang mengonsumsinya sebagai menu utama baik saat sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Namun, taukah Anda bahwa junk food memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kecanduan? Karena inilah ada beberapa bahaya yang timbul apabila mengonsumsi junk food secara berlebihan dan terus menerus.

Junk food dan Fast food itu sama nggak sih?

Banyak orang yang menganggap bahwa fast food dan junk food merupakan jenis makanan yang sama. Padahal, kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda.

Fast food adalah istilah untuk jenis makanan cepat saji sedangkan junk food adalah istilah untuk jenis makanan yang tidak sehat.

Memang pada faktanya, makanan cepat saji dapat diartikan kedalam makanan yang tidak sehat, akan tetapi makanan yang tidak sehat belum tentu termasuk ke dalam makanan cepat saji.

bahaya junk food bagi ibu hamil

Dari namanya saja sudah mengistilahkan bahwa junk food termasuk ke dalam makanan yang tidak sehat, tentunya hal ini juga tidak baik untuk kesehatan banyak orang, terutama bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Ketika Anda terutama ibu hamil mulai menggemari makanan ini, maka Anda perlu mewaspadai adanya bahaya yang ditimbulkan dari makanan tidak sehat ini. Karena efek samping dari mengonsumsi makanan ini bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh terutama pada ibu hamil.

Apa sih bahaya junk food bagi ibu hamil ? Untuk itu, berikut ini kami paparkan bahaya junk food bagi ibu hamil yang harus Anda ketahui :

  1. Keguguran

Junk food merupakan salah satu factor yang memicu terjadinya keguguran. Berdasarkan penelitian, terlalu banyak mengonsumsi junk food saat hamil beresiko menyebabkan keguguran yang meningkat melalui jumlah lemak trans dan lemak terhidrogenasi yang dikonsumsi.

Untuk itu, saat sedang menjalani kehamilan, Anda harus membatasi makanan berlemak. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan diet sehat dengan jumlah nutrisi yang tepat.

Melakukan diet yang sehat dan simbang sangatlah penting dilakukan selama kehamilan. Karena dengan hal ini ibu hamil akan memperoleh vitamin dan nutrisi yang diperlukan.

Selain itu, perhatikan pula pola makan dan pola tidur serta hal kesehatan lainnya yang juga memengaruhi hal ini.

bahaya junk food bagi ibu hamil

  1. Mempersulit Persalinan

Terlalu banyak mengonsumsi junk food berpotensi untuk membuat persalinan menjadi sulit lho. Hal ini dikarenakan saat Ibu hamil mengonsumsi junk food, akan banyak racun yang tidak sehat menyerang ke dalam system kekebalan tubuh.

Sehingga sang Ibu Hamil akan mengalami kesulitan untuk melahirkan secara normal. Akibatnya, ibu tidak punya pilihan lain selain melahirkan dengan Caesar.

  1. Bobot Ibu Menjadi Bertambah

Ketika Ibu hamil terus mengonsumsi junk food tanpa adanya batasan, sangat berpotensi membuat berat badan Ibu menjadi bertambah. Hal ini dikarenak

an makanan seperti junk food terbukti mengandung lemak dan kalori dalam jumlah yang besar.

Apabila hal ini tidak segera dihentikan, maka akan sangat memengaruhi janin yang ada di dalam kandungan. Pasalnya, berat badan yang berlebihan saat menjalani kehamilan dapat berpotensi meningkatkan risiko obesitas dan diabetes pada anak nantinya. Selain itu, hal ini juga bisa mengakibatkan persalinan premature serta terjadinya preeclampsia.

Di samping itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan olahan berlemak saat hamil bisa menyebabkan penumpukkan lemak pada pembuluh darah dan organ penting lainnya pada bayi bahkan hingga beranjak dewasa nanti. Nantinya, anak akan mengalami peningkatan gula darah, lemak dalam darah serta penurunan sensitivitas insulin.

bahaya junk food bagi ibu hamil

  1. Kurangnya Nutrisi Untuk Janin

Perlu diketahui, bahwa junk food memiliki kadar gizi yang sangat rendah. Sehingga, apabila ibu hamil terlalu sering mengonsumsi junk food, maka kebutuhan akan nutrisi menjadi tidak terpenuhi. Hal ini mengakibatkan tumbuh kembang bayi menjadi terhambat.

Padahal tumbuh kembang bayi nyatanya sudah dimulai sejak dalam kandungan. Sehingga, kebutuhan akan nutrisi dan vitamin tentunya harus terpenuhi dengan baik. Untuk itu, sebaiknya ibu mengutamakan menu makanan yang sehat agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan bayi.

  1. Beresiko Jantung Koroner

Taukah Anda? Bahwa ternyata junk food masuk ke dalam salah satu jenis makanan yang bisa memicu penyakit jantung koroner lho. Hal ini bisa terjadi terutama pada masa-masa kehamilan.

Karena tingginya kadar lemak jenuh dan lemak trans bisa menempatkan manusia pada risiko penyakit jantung. Lemak ini dapat menyebabkan kolesterol melonjak dan menyumbat pembuluh arteri, sehingga mengakibatkan serangan jantung, stroke, dan kondisi berbahaya lainnya.

Konsumsi junk food dapat membuat kehamilan menjadi lebih rentan. Ibu hamil pun akan lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan, seperti kelelahan, sakit maag, diabetes, ataupun stretch mark.

Untuk menghindarinya, Anda dapat mengatur gaya hidup dan pola makan yang lebih baik. Selain itu, biasakan untuk memulai hari dengan gizi baik yang bisa mengurangi keinginan untuk makan camilan atau sejenis makanan junk food lainnya.

Namun, apabila Anda ternyata ‘ngidam’ atau benar-benar ingin makan makanan sejenis ini, usahakan untuk mencari alternative junk food dengan memilih menu yang lebih memberikan nutrisi.

Misal Anda ingin makan kentang goring, maka Anda dapat menggantinya dengan mengukus atau merebus dengan bumbu secukupnya. Selain itu, Anda juga bisa mengganti es krim dengan buah beku dan yoghurt, serta meminum air dengan perasan jeruk nipis untuk mengganti minuman bersoda.

Intinya berbagai jenis makanan boleh dikonsumsi, namun tetap batasi jumlahnya dan jangan berlebihan. Karena mengonsumsi junk food secara berlebihan hanya akan meningkatkan berbagai macam gangguan selama proses kehamilan sampai persalinan.

Kehamilan dan kelahiran sang bayi merupakan hal-hal yang paling dinantikan oleh setiap wanita. Mengonsumsi makanan sehat saat hamil adalah langkah awal untuk mempersiapkan bayi yang sehat pula. Selain itu, hal ini juga dilakukan demi perkembangan otak dan kekebalan tubuh yang baik pada bayi.

Jadi, untuk Anda yang sedang menajalani kehamilan, mulailah untuk mengurangi konsumsi junk food untuk menu sehari-hari. Mulai ubahlah ke gaya hidup yang sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat pula. Dengan begitu, kesehatan ibu hamil tetap terjaga dan begitu juga dengan janin yang dikandungnya.

Itulah beberapa bahaya dari junk food bagi iu hamil. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda, sehingga Anda bisa lebih selektif dalam memilih makanan, terutama ketika masa kehamilan.

Jika Anda memiliki masalah terkait dengan masalah sulit untuk hamil, Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter Ahli dan Bidan kami melalui kontak di bawah ini.

promil dengan madu penyubur

0.0
0 total
5
4
3
2
1
%d bloggers like this: