6 Penyebab Anda Susah Hamil

 

Beberapa penyebab Anda susah Hamil – Jika Anda dan pasangan sudah berkeinginan untuk hamil dan punya anak, pelajari dulu beberapa kesalahan umum penyebab sulit hamil. Kesalahan-kesalahan umum inilah yang sering menjadi penyebab susah hamil dan mendapatkan momongan. Berikut penyebabnya :

  1. Salah menentukan masa subur.

Rata-rata, siklus menstruasi perempuan normal adalah 28 hari. Untuk siklus ini, cara menentukan masa subur adalah dengan menambahkan 14 hari setelah hari pertama haid. Banyak perempuan berpatokan pada sistem penanggalan tersebut, padahal siklus haid setiap orang bervariasi, bisa lebih pendek atau lebih panjang dari 28 hari. Jadi jangan sampai salah menentukan masa subur karena bisa menjadi penyebab sulit hamil.

  1. Terlalu cepat berkonsultasi ke dokter spesialis.

Bila Anda berumur di bawah 35 tahun dan belum juga berhasil hamil, itu hal yang lumrah. Rata-rata perempuan normal dengan kondisi kesuburan dan siklus haid teratur memang memakan waktu sekitar satu tahun untuk bisa hamil. Wajar saja jika Anda merasa frustrasi karena belum hamil juga di bulan ke-6 atau ke-7, tapi Bunda disarankan tetap menunggu apabila memang tidak ada gangguan kesehatan apa pun. Sebaliknya, yang berumur di atas 35 tahun, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan apabila 6 bulan tidak hamil juga.

  1. Menunggu terlalu lama untuk konsultasi ke dokter.

Jangan tunggu sampai 1 tahun untuk konsultasi ke dokter apabila Anda:  Memiliki siklus haid cukup pendek dari 25 hari atau lebih panjang dari 35 hari.  Mengalami nyeri haid  yang cukup parah dan haid yang cukup banyak. Pernah mengalami penyakit seperti radang panggul dan infeksi menular seksual.

  1. Masih menjalani gaya hidup tidak sehat.

Merokok, mengonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan, juga mengonsumsi makanan-makanan cepat saji adalah contoh kesalahan umum penyebab sulit hamil lantaran gaya hidup itu meningkatkan risiko infertilitas (ketidaksuburan). Semuanya itu berisiko menyebabkan keguguran, kehamilan ektopik, bayi lahir cacat, bayi lahir dengan berat kurang, dan bayi dengan kondisi keterbelakangan mental. Sebelum berusaha hamil, pastikan Anda dan pasangan memiliki berat badan normal (tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus) dan sudah berhenti mengonsumsi alkohol, kafein, juga rokok.

  1. Menunda kehamilan terlalu lama.

Beberapa pasangan menunda diri untuk hamil karena beberapa alasan seperti halnya ingin memantapkan karier dulu, punya rumah, punya tabungan pendidikan yang banyak dulu, dan lain-lain. Selama Anda berada dalam hubungan yang sehat dan kondisi tubuh yang masih bugar, sebaiknya Anda tidak menunda hamil lebih lama lagi. Sebabnya, perempuan pada rentang usia 20-an akhir sampai 40 mengalami penurunan peluang hamil sebesar 50 persen. Bila Anda mengandung di atas umur 35 tahun, risiko bahwa kehamilan itu disertai kelainan genetik, contohnya down syndrome, menjadi semakin besar. Menunda kehamilan adalah kesalahan umum penyebab sulit hamil.

  1. Berhubungan seks di waktu perkiraan masa subur saja.

Ovulasi adalah peristiwa yang sangat unik. Biarpun siklus menstruasi Anda sangat normal dan sangat teratur, yaitu 28 hari, tetap ada kemungkinan masa subur bisa lebih cepat sehari atau lebih lama sehari. Tak pernah ada yang tahu kepastiannya kapan. Jadi, jika Anda berhubungan seks hanya pada saat perkiraan ovulasi saja, ada kemungkinan sel telur sudah terlambat dibuahi. Untuk meningkatkan peluang pembuahan (konsepsi), Anda dianjurkan untuk berhubungan seks di 4 sampai 6 hari sebelum waktu perkiraan masa subur, dan 4 sampai 6 hari setelahnya. Ingatlah, sperma yang sehat dapat bertahan hidup dalam rahim selama 3 hari, bahkan 1 minggu. Semakin sering Anda bercinta sebelum masa subur, semakin besar pula peluang pembuahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *